Mesin pengering (OVEN, PENGERING MAKANAN, PERTANIAN, VACUM DRYING)

MESIN PENGERING  (OVEN, PENGERING MAKANAN, PERTANIAN, VACUM DRYING) - Mesin pengering adalah sebuah alat yang bisa kita gunakan untuk mengeringkan sesuatu dengan suhu maupun intensitas kelembaban tertentu. Adapun varian dari mesin pengering ini ada banyak sekali di pasaran, selain itu bentuknya pun juga beragam tergantung dari kegunaan mesin tersebut. Kita tahu bahwa masing-masing pengering yang ada itu memiliki fungsi yang berbeda, akan tetapi kali ini kita fokus pada sebuah mesin pengering makanan maupun pengering produk-produk pertanian.

Seperti yang kita tahu bahwa oven merupakan suatu alat yang biasa digunakan untuk mengeringkan berbagai jenis makanan secara efektif, jadi fungsi dari oven ini mampu menggantikan peran sinar matahari yang umumnya digunakan untuk menjemur makanan seperti kerupuk, ikan, produk herbal, kemiri, selai pisang maupun makanan lainnya. Oleh sebab itulah banyak orang menggunakan mesin pengering ini karena hasilnya juga bisa lebih cepat serta mudah dalam pengoperasiannya.

Selain untuk mengeringkan berbagai jenis makanan, ternyata mesin oven juga dapat kita gunakan untuk mengeringkan berbagai produk pertanian. Dalam jenis ini terdapat dua macam pengering yaitu yang berbahankan gas dan juga yang berbahankan listrik.

Adapun kelebihan dari mesin pengering tersebut tidak terlalu banyak menggunakan energi, sehingga tidak boros energi. Di samping itu temperaturnya juga dapat kita atur sesuai dengan kebutuhan kita, bahkan materialnya dibuat dari bahan stainless steel yang mana mampu membantu proses pengeringan menjadi lebih cepat daripada pengeringan manual yang mengandalkan bantuan sinar matahari.

Sementara itu untuk kapasitas isi yang ditawarkan juga ada berbagai ukuran, mulai dari yang 1 rak sampai dengan untuk kapasitas yang besar ada yang 21 rak. Akan tetapi untuk mesin pengering yang berbahankan listrik hanya tersedia maksimal 16 rak.

Selain pengering yang telah disebutkan di atas, ada pula mesin pengering yang disebut dengan box dryer yang mana fungsinya untuk mengeringkan padi, jagung, gabah maupun hasil pertanian yang lainnya. Umumnya setelah dilakukan panen, maka hasil pertanian tersebut akan dijemur langsung di bawah sinar matahari untuk selanjutnya dilakukan penggilingan atau di selep. Akan tetapi dengan bantuan mesin box dryer ini kita tidak perlu lagi menjemurnya di bawah terik matahari karena fungsi dari mesin ini bisa menggantikan proses tersebut. Adapun beberapa kelebihan dari mesin box dryer tersebut di antaranya adalah :
mesein oven pengering

•    Mesin ini menggunakan bahan bakar berupa kayu bakar maupun batu bara, bahkan kita dapat melakukan modifikasi dengan menggunakan minyak tanah ataupun LPG.
•    Alat ini dapat kita bongkar pasang sehingga sangat menguntungkan
•    Pengoperasiannya relatif mudah
•    Untuk melakukan sekali pengeringan saja biayanya akan lebih murah jika dibanding dengan pengering yang lainnya
•    Dapat meminimalkan hilangnya ataupun rusaknya jagung ataupun padi dalam proses pengeringan
•    Tidak memerlukan kapasitas ruangan yang cukup besar untuk menempatkan alat ini
•    Mesin ini lebih awet
•    Sangat cocok digunakan oleh petani dengan curah hujan yang tinggi
•    Asap yang keluar tidak bercampur dengan sisa-sisa bahan yang dikeringkan

Mesin pengering selanjutnya yang dapat kita gunakan yaitu vacum dryer. Jadi prinsip kerja dari alat ini yaitu pada mulanya produk di letakkan dia tas loyang atau rak, rak tersebut ada 2 yaitu ada rak yang terdapat lubang maupun rak yang tidak terdapat lubang. Kemudian produk dikeringkan atau dipanaskan dengan suhu tertentu yang dapat kita atur manual, lalu ketika proses pengeringan dengan suhu tertentu berlangsung juga disertai dengan proses penyedotan uap air pada produk yang kita keringkan sehingga hasil pengeringan akan jauh lebih maksimal.

Itulah informasi mengenai mesin pengering yang bisa anda gunakan untuk menunjang kebutuhan anda maupun untuk memudahkan pekerjaan anda, dengan begitu pilihlah mesin pengering yang sesuai dengan kebutuhan anda. Baca juga  Harga Mesin Sablon dan Mesin Bor

0 komentar:

Post a Comment

◄ Newer PostOlder Post ►